Kerupuk Kulit Sapi Asli dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kerupuk kulit adalah salah satu makanan ringan atau camilan yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Di beberapa wilayah di Indonesia menyebut krupuk kulit ini dengan Rambak atau Jangek yang artinya adalah kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah dan penambah rasa.

Tak jarang juga krupuk kulit ini menjadi sangat terkenal karena rasanya yang gurih dan kriuk ketika dimakan. Terdengar krenyes saat mulai menyantap krupuk rambak atau kerupuk jangek, sehingga orang terus mengingat kesan pertama saat makan kerupuk kulit.

kerupuk kulit sapi matang
Hasil Gorengan Kerupuk Rambak Kulit Sapi Bentuk Panjang

Untuk mendapatkan rasa dan bentuk kerupuk kulit sapi asli yang gurih, renyah dan lezat serta mengembang bagus, maka dalam proses pembuatan krupuk kulit harus memilih bahan kulit sapi yang segar dan bagus. Apabila gagal dalam memilih kulit sapi, maka nantinya pembuatan krupuk kulit pun bisa gagal juga.

Ciri – Ciri Kerupuk Kulit Sapi Asli

  1. Tekstur permukaan kulit terasa kasar dan berpori – pori
  2. Warna agak gelap kecoklatan
  3. Tidak terasa bau aneh saat dikonsumsi setelah dimasak
  4. Nyaman ditenggorokan saat dimakan
  5. Ketika digoreng akan mekar mengembang membesar

Banyak orang berpandangan bahwa kerupuk kulit ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan rasa gurih dan kriuknya membuat orang ketagihan ingin mencicipinya. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat krupuk kulit? Simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Kerupuk Kulit Sapi Asli Bagi Kesehatan

1. Untuk Membantu Menyembuhkan Maag

Krupuk kulit sapi mampu membantu meringankan bahkan menyembuhkan gejala penyakit maag seperti mual dan perih di perut. Jadi, apabila anda memiliki gejala maag dan disaat gejala tersebut muncul, maka silahkan makan krupuk rambak untuk mengatasinya.

2. Sebagai “Teman” Camilan Disaat Ngobrol Bersama Teman

Ngobrol dan Ngopi bareng bersama teman memang menjadi momen yang menyenangkan. Apalagi ngobrol tersebut ditemani krupuk rambak yang gurih dan kriuk, ngobrol berjam-jam pun mungkin tak terasa. Namun, jangan lupa siapkan minumnya juga, karena jika terlalu banyak konsumsi krupuk rambak, maka anda akan terasa haus dan tersedak. Hehehe,

Selain sebagai teman camilan, krupuk rambak bisa sebagai pelengkap disaat makan nasi. Beberapa konsumen memanfaatkan krupuk rambak sebagai penambah nafsu makan di keluarganya. Bisa jadi tak terasa bahwa makanan telah habis, namun orang tersebut masih terus nyamil kerupuk rambak. Nafsu makanpun semakin bertambah.

3. Sebagai Pereda Rasa Pedas

Makan makanan pedas memang sangat menggiurkan bagi sebagian orang, namun ketika makanan telah habis yang tersisa adalah rasa pedas di mulut. Daripada mengatasi rasa pedas dengan banyak minum air, lebih baik anda mencoba mengatasi rasa pedas tersebut dengan makan krupuk rambak.

Krupuk rambak kulit ini memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi, dalam proses penggorengan pori-pori kerupuk rambak kulit mengembang sehingga memiliki daya simpan minyak dalam jumlah banyak. Minyak inilah yang mampu menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai.

4. Sebagai Campuran Bahan untuk Memasak Masakan

Kerupuk kulit dimanfaatkan juga sebagai campuran dalam memasak masakan. Salah satu masakan yang paling digemari di Nusantara ini adalah sambal goreng krecek. Krecek ini dihasilkan dari kerupuk kulit yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menambah rasa pada masakan itu.

5. Mengandung Protein Tinggi

Kerupuk kulit sapi pastinya memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Sehingga ketika anda makan krupuk rambak kulit sapi, maka kandungan protein hewani tersebut akan sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda. Perlu diketahui, protein ini sangat berguna untuk :

  • Meningkatkan ketahanan tubuh
  • Meningkatkan massa otot
  • Pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh
  • Meningkatkan pembentukan energi tubuh

Demikian ulasan artikel mengenai kerupuk kulit sapi asli dengan berbagai ciri – cirinya dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini menambah wawasan pengetahuan bagi anda. Terima kasih

Leave a Comment

Kirim Pesan WhatsApp